Wisata Edukasi 2017

Tanggal 19 October 2017 kelas tujuh berwisata edukasi ke PUSPIPTEK Serpong dan TMII. Sedangkan kelas 9 pergi AMT di Highland Bogor. Saat aku sampai k lapangan SMP banyak yang sedang memegang untuk membuat film pendek selama wisata edukasi ini.  Jam 6.40 apel pembukaan di mulai. Kami mendengarkan pembukaan oleh Pak Sarmilih dan Ibu Ketua POMG. Selesai mendengarkan kami berdoa agar di beri kelancaran selama perjalanan.

Jam 7.00 kami sudah menuju bus kelas masing-masing yang sudah di siapkan oleh Pak Agung. Dari lapangan SMP sampai bis, kelompok masing-masing sudah mulai merekam video. Di dalam bus kami di absen terlebih dahulu oleh Pak Bimo yakni wali kelas 7F agar tidak ada yang ketinggalan.

Selama perjalanan aku dan beberapa teman ceweku duduk di belakang. Kami asyik-asyikan mengobrol dan bernyanyi gak jelas.  Setelah memulai perjalanan sebentar kami diberi snack oleh Pak Bimo berupa roti. Perjalanan dari Labschool ke Serpong lumayan jauh, memakan sekitar waktu 2,5 jam.

Sampai disana kami satu angkatan di kumpulkan di auditorium PUSPIPTEK untuk di beri penjelasan entang PUSPIPTEK.. Selesai dari auditorium kami menaiki bus lagi untuk pergi ke lab. Masing-masing kelas pergi ke lab berbeda-beda. Di dalam bus kami diberi LKS untuk di isi. Kelasku pergi ke lab pembuatan obat. Disana kami melihat banyak alat-alat. Ada berbagai macam alat seperti Shaker yang berguna untuk menghancurkan bakteri. Selain melihat-lihat kami juga menanyakan pertanyaan yang ada di LKS karena itu wajb di isi.

Selesai dari lab kami kembali ke gedung depan. Dan bagi yang ingin ke toilet diperbolehkan. Banyak yang menunggu-nunggu selesai dari lab karena menantikan makan siang. Kami makan siang dengan KFC dan di beri air mineral gelas. Setelah semuanya kembali ke bus masing-masing kami melanjutan perjalanan ke TMII untuk berkunjung ke Sky World.

Saat perjalanan bus 7F sangatlah ramai. Murid-murid mengambil alih micknya dan bernyanyi tidak jelas. Seperti Balen yang nyanyi lagu tegang karya dia sendiri dan lain-lain. Pak Bimo juga membawa iPod berisi playlist yang enak dan kekinian.

Hal pertama yang kami lakukan setelah sampai di TMII adalah melaksanakan ibadah Sholat di Masjid Diponegoro. Masjidnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Namun saat kami kesana, yang lantai dua tidak bias di pakai karena ada acara.

Sekitar jam setengah 2 kami sudah sampai di tujuan utama kami di TMII yaitu, Sky World. Bagi kalangan muda bisa dibilang tempat itu lumayan aesthetic. Banyak spot untuk foto-foto. Disana kami melihat foto-foto para Ahli Astronomi dari Indonesia dan roket-roket buatan Indonesia. Di dalam Sly World juga ditampilkan berbagai video tentang luar angkasa, planetarium, dan wahana lima dimensi. Karena kami seangkatan jadi untuk menaiki wahana lima dimensi itu menunggu antriannya cukup lama. Aku dan beberapa temanku menaiki wahana lima dimensi itu kedua dari yang terakhir.

Menurut jadwal kami harusnya di Sky World hanya satu jam dan melanjutkan perjalanan kami ke Museum Ikan Tawar tetapi karena hujan lebat di luar akhirnya kamu menunggu untuk reda dan tidak jadi ke sana.

Kami baru selesai dari Sky World jam setengah 6 lewat. Belkum jugfa menunggu bisnya untuk dating ke depan Sky World. Karena kelas saya, 7F berada di urutan terakhir berdasarkan alphabet maka bis kamu juga datangnya terakhir. Lima bis sudah melewati depan muka kami. Sekarang giliran 7F untuk menaiki bis dan berangkat ke Masjid Diponegoro untuk mengejar Sholat Ashar. Sampaiu di Masjid kami buru-buru mengambil wudhu dan memakai pakaian sholat. Alhamdulillah kami dapat mengejar waktu dan lanjut melaksanakan Sholat Maghrib disana.

Selesai sholat di Masjid Diponegoro langit sudah menggelap, matahari sudah tergantikan oleh bulan, dan hujan sudah mereda. Kami mlanjutkan perjalanan balik ke SMP Labschool Jakarta.

Di dalam bus suhu terasa dingin, laki-laki banyak yang ganti baju karena terkena air hjan. Sedangkan, perempuan hanya menerima takdir. Awal perjalanan banyak yang merekam unuk penutupan video masing-masing. Ada yang merekam jalanan, suasana di bus, dan lain-lain. Di bus bagian belakang sangat ramai. Banyak yang bernyanyi tidak jelas dan teriak-teriak.

Tak terasa ternyata perjalan dari TMII ke Labschool cepat hanya menghabiskan waktu sekitar satu jam limabelas menit bda dengan perjalanan kami tadi pagi.. Banyak dari kami yang ingin perjalanannya lebih lama karena masih ingin menghabiskan waktu berasa teman dan sahabat. Namun perjalanan pulang sudah selesai dan sudah waktunya bagi kami unuk pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga. Sampai SMP Labschool Jakarta rintikan hujan masih ada walaupun sudah mereda. Lapangan SMA basah oleh air hujan. Sudah banyak yang menunggu kepulangan kami.

Pukul 7:16 wisata edukasi telah selesai.